Perkembangan Mesin Bor Jacro Konvensional ke Mesin Jacro Modern

Mesin Bor Jacro Mini (Jacro 50)


Mesin Bor Jacro / Drilling Rig Machine merupakan type "man portable dan portable".Pada kisaran tahun 1990an mesin bor man portable dirancang dengan dimensi mini terbuat dari bahan rangka aluminium alloy dan mesin penggerak kecil dipadukan dengan komponen mekanis manual. Konstruksi unit rig relatif ringan, dapat di partial menjadi beberapa bagian sehingga dapat memudahkan pengoperasian dan mobilisasi unit rig oleh beberapa tenaga man power. Mesin bor ini banyak digunakan untuk pengeboran dangkal maksimum kedalaman 50 meter untuk keperluan pengambilan data-data teknis geoteknik.
Spesifikasi Umum:
Rangka Aluminium (alloy)
Mesin Penggerak Rotary berada diatas gearbox (Maks 10HP)
Mekanisme Pergerakan UP/Down secara manual
Kapasitas kedalaman pengeboran 50 meter (Rod AW)


Mesin Bor Jacro 75 & Jacro 100


Perkembangan mesin bor jacro ini pada kisaran tahun 1995an telah mengalami kemajuan dengan menghasilkan beberapa mesin bor jacro 75 dan jacro 100 sehingga dapat digunakan untuk pengeboran berkisar 75- 100 meter. Pada mesin bor type ini telah menggunakan material rangka besi (steel) dan penambahan 2 (dua) komponen hydraulic (mast cylinder dan rotary motor hydraulic) dan mesin penggerak (1-cylinder) yang sesuai.   Mesin Bor Jacro 75 dan 100 ini, banyak dipergunakan perusahaan kontraktor untuk mendukung pengeboran eksplorasi batubara pada kedalaman dangkal. Mesin ini menjadi pilihan kontraktor pengeboran karena pengoperasian relatif mudah dan mobilisasi rig secara manual dan lebih cepat sehingga biaya operasional rendah (low cost). Seiring dengan perkembangan pertambangan batubara di Indonesia relatif bagus dan didukung dengan harga batubara relatif tinggi, hal ini mendorong banyaknya pekerjaan kontraktor pengeboran menggunakan mesin jacro ini untuk eksplorasi. Melihat kondisi tersebut, banyak berdiri pabrikasi - pabrikasi mesin jacro untuk memenuhi permintaan klien pada saat itu.
Spesifikasi Umum:
Rangka Besi (Steel)
Mesin Penggerak 1-Cylinder (Maks 15HP)
Hydraulic Pump
Mast Cylinder Hydraulic
Gearbox & Motor Hydraulic
Kapasitas kedalaman pengeboran 75-100 meter (Rod AW)


Mesin Bor Jacro 150/175/200/300/450

Seiring dengan waktu dan kemajuan teknologi pada kisaran tahun 2000an - 2011an, perkembangan mesin bor jacro khususnya di Indonesia sangat pesat hingga menghasilkan jacro 150/175/200/300 dan seterusnya. Mesin bor type ini dibuat atas dasar meningkatnya permintaan klien (kontraktor pengeboran) dalam eksplorasi batubara dengan penetrasi lebih dalam. Kondisi ini juga membuat pabrikasi - pabrikasi mesin jacro menyesuaikan produknya. Banyak perubahan/penambahan fitur atau komponen dilakukan pada mesin jacro ini, terutama pada mesin penggerak, komponen system hydraulic dan komponen mekanikal nya. Untuk menghasilkan Mesin bor jacro yang baik, tentunya harus menggunakan komponen yang berkualitas disamping itu juga harus didukung oleh tenaga teknis mekanikal maupun hydraulic yang berpengalaman. Karena sebagian besar komponen utama mesin jacro tersebut adalah product import (komponen hydraulic) dan banyaknya variasi mesin jacro yang dihasilkan, sehingga tidak sedikit publik (klien/pengguna mesin bor) dibingungkan mengenai "PENAMAAN" Mesin Jacro 75/100/150/175/200/300/450 terhadap kemampuan penetrasi mesin jacro itu sendiri.
Sekian